27 November 2008

PENEMU-PENEMU TERKENAL DI DUNIA

PENEMU-PENEMU TERKENAL DI DUNIA

1. Galileo Galilei adalah orang yang menemukan thermometer
2. Penemu mesin uap adalah James watt dari Inggris.
3. Penemu telepon adalah Alexander Graham Bell dari Amerika Serikat.
4. Penemu mesin diesel adalah Rudolf Diesel dari Jerman.
5. Penemu mesin cetak adalah Johannes Gutenberg dari Jerman 1440.
6. Blaise pascal adalah orang yang menemukan mesin hitung dari prancis.
7. Penemu lensa kaca mata adalah Benyamin Franklin.
8. Penemu bola lampu adalah Thomas Alva Edison dari Amerika Serikat.
9. Yang menemukan dinamit adalah Alfred Nobel dari Swedia pada
10. Penemu mesin diesel adalah Rudolf Diesel dari Jerman pada tahun 1897.


Benua Australia

Sejarah ternyata memang tak selamanya benar. Baru-baru ini sejarah tentang siapa orang pertama yang menemukan benua Australia terkuak. Apa yang diyakini orang bahwa penemu benua Australia yang pertama adalah Kapten James Cook, seorang ahli ilmu bumi dan navigator asal Inggris, ternyata salah.

Sebab, Kapten James Cook yang dianggap menemukan benua kanguru ini tercatat mendarat di Botani Bay atau sekarang jadi Sidney Harbour pada tahun 1770. Sedangkan dari fakta terbaru ditemukan bahwa yang pertama mendarat di sana adalah pelaut Portugal bernama Christopher de Mendonca pada tahun 1522. Hal ini terungkap dari dokumen yang ditemukan di koleksi perpustakaan Los Angeles Amerika.


SERUM

Serum adalah bakteri-bakteri yang telah dilemahkan, digunakan dalam ilmu kedokteran sebagai penyembuh penyakit.

Penemu serum tersebut adalah Louis Pasteur, seorang sarjana ilmu alam dan kimia, terkenal sangat tekun bekerja di laboratorium melakukan percobaan-percobaan, yang manfaatnya sangat besar bagi dunia kemanusiaan. Pada mulanya memang dianggap tidak masuk akal bahwa orang sakit disembuhkan dengan cara disuntik dengan bahan yang dibuat dari bakteri penyakit itu sendiri yang sudah dilemahkan. Namun dari bukti-bukti yang telah ada ternyata bahwa pikiran tersebut bukanlah hal yang dianggap sinting.

Ide Louis Pasteur ini dikemukakan pada tahun 1873 di hadapan para sarjana kedokteran di Paris.
TINTA
Adanya tinta sama tuanya dengan adanya gambar. Cairan ini biasanya digunakan untuk membuat tanda-tanda di atas permukaan barang baik berupa kayu, kertas ataupun lainnya.
Kita mengenal apa yang sering disebut dengan tinta Cina atau India Ink, yang sebenarnya sudah ada sejak tahun sekitar 800 sampai 1200 sebelum Masehi.Tinta tersebut di atas dibuat dari hangus/kerak lampu minyak yang hitam dicampur dengan lem. Ia akan menghasilkan bekas yang rata apabila digoreskan di atas permukaan kertas atau lainnya.
Bahan tinta cair yang ada dewasa ini diperoleh dari sari nabati atau cairan ikan gurita/cumi ataupun dibuat secara kimia.
Orang yang dianggap sebagai pencipta tinta hitam dan biru seperti yang kita pakai dewasa ini adalah Dr. Henry Stephens yang terjadi pada tahun 1832.


TELEPON
Pesawat telepon pertama kali diciptakan oleh seorang Jerman bernama J. Philipp Reis dari kota Frankfurt, pada tahun 1861.
Namun orang beranggapan bahwa penemuan ataupun ciptaannya tersebut masih lebih bersifat sebagai barang mainan belaka.
Pesawat telepon yang dianggap benar-benar praktis adalah yang diciptakan oleh seorang Inggris kelahiran Amerika bernama Alexander Graham Bell. Penemuan tersebut terjadi pada tahun 1876.
Ciptaan ini kemudian dikembangkan lagi oleh ayahnya yang bernama Alexander Melville Bell sehingga dapat digunakan untuk melatih orang tuna rungu/tuli untuk bicara.


PULAU HIJAU (GREENLAND)
Greenland adalah suatu daratan yang letaknya di daerah Utara dekat kutub, bergandengan dengan gugus daratan benua Amerika. Penemu daratan ini adalah seorang bekas narapidana dari Eslandia. yang dihukum buang pada tahun 982 Masehi. Orang ini bernama Eric Thorvaldsson yang dalam pengembaraannya selama dibuang secara kebetulan terdampar ke daratan berlapis salju tebal yang sebagiannya ditumbuhi rumputan hijau dan berbagai tanaman padang dan semak yang rendah. Luas daratan ini diperkirakan sekitar lebih kurang 2 juta km2. Daratan ini dihuni oleh binatang-binatang seperti biri-biri, anjing laut, walrus, dan ikan laut yang bernama halibut.
Seusai masa pembuangannya ia kembali ke Eslandia dan emncoba menjadi anggota masyakat. Karena jasanya menemukan daratan ini ia kemudian memperoleh penghargaan dari pemerintahnya. Daratan ini kini menjadi wilayah negara Denmark dengan jumlah penduduknya sekitar 35.000 orang yang tinggal berpencar di sapanjang pantai.


PEMBUATAN BAJA
Suatu cara pembuatan baja dalam skala besar telah diketemukan oleh Sir Henry Bessemer pada tahun 1860.
Cara yang ia pergunakan ialah dengan meniupkan udara dingin ke dalam pig iron yang tengah meleleh. Metode tersebut hakekatnya ialah cara bagaimana memisahkan zat karbon dan zat-zat yang lain dari besi baja itu sendiri, sehingga dapat menghasilkan baja yang bermutu tinggi.
Metodenya ini pada tahun 1870 diperbaiki oleh Sidney Gilchrist Thomas.Di Jerman juga disebut nama Karl Wilhelm Siemens. Metode-metode tersebut lebih dikenal dengan nama " Metode proses tungku terbuka ".


MESIN DIESEL
Mesin diesel pertama kali diciptakan oleh seorang insinyur Jerman bernama Rudolf Diesel. Ia yang kelahiran Perancis itu menciptakan mesin dieselnya pada tahun 1892.
Tidak sebagaimana mesin yang menggunakan bahan bakar minyak tanah, mesin diesel ini tidak dilengkapi busi, sebagai alat pembakarnya. Ia tahu bahwa apabila gas dimampatkan dalam suatu ruang tertutup, semakin kecil volumenya akan semakin panas temperaturnya, sampai pada akhirnya akan meletup yang merupakan tenaga. Mesinnya dirancang dengan silinder-silinder yang mamapu mengkompresi udara sampai pada tekanan 600 pon per inchi persegi. Udara yang padat dan panas ini kemudian disalurkan untuk membakar bahan bakar, sehingga ledakan yang akan mendesak piston-piston.
PULPEN
Pulpen untuk pertama kali diciptakan oleh seorang Amerika bernama Lewis Edson Waterman. Penemuan ide ini terjadi pada tahun 1884.
Orang ini adalah seorang agen perusahaan asransi. Cara yang digunakan pada waktu itu ialah dengan menuangkan tinta ke dalam tabung penampung dengan mempergunakan pipet. Kelihatannya cara ini masih kurang praktis, sehingga pada tahun 1908 pulpen tidak lagi harus diisi dengan pipet tetapi sudah dilengkapi dengan karet tabung yang mampu mengisap tinta dengan cara memencet dan melepaskannya.


PERANGKO
Perangko pada zaman dahulu belumlah seperti sekarang. Ia masih berupa barang cetakan biasa di atas kertas yang belum berperekat di belakangnya dan berlubang-lubang untuk memudahkan menyobeknya. Untuk memotong-motongnya diperlukan pisau atau gunting.
Orang yang berjasa dalam hubungan ini adalah Sir Rowland Hill, seorang Inggris yang telah menemukan ide agar perangko dapat dicetak sudah dalam keadaan siap pakai seperti sekarang ini. Dalam arti sudah tinggal menyobek dan memberikan cairan di atas muka sebaliknya yang sudah berperekat.Bagaimanapun sebetulnya ide tersebut timbul setelah ia menerima contoh perangko yang dikirimkan oleh James Chalmer pada tahun 1838. Tahun 1838 Rowland Hill mengemukakan idenya.
Cara tersebut kemudian ditiru oleh negara-negara lain seperti Swiss, dan Brazilia, pada tahun 1843. Dengan telah diperkenalkannya mesin perforasi/pelubang perangko yang diciptakan oleh Henry Archer pada tahun 1854.


KAMERA
Asal mula ide membuat kamera adalah suatu prinsip yang diketemukan oleh Leonardo Da Vinci tentang sebuah lubang kecil yang mampu unutk menangkap seluruh pemandangan yang tertampang di hadapannya. Dengan pertolongan sebuah lensa pemandangan tersebut kemudian dapat ditangkap pada suatu bidang datar atau dinding yang dipasang di belakangnya.
Atas dasar prinsip tersebut seorang Italia bernama Giambasttista Della Porta yang sehari-harinya adalah seorang dokter, mencoba menciptakan alat yang sekarang lazim kita sebut sebagai kamera obscura. Sudah tentu pada waktu itu keadaannya belum sempurna seperti yang ada sekarang.


HIDROGEN
Hidrogen atau lazim disebut disebut zat cair pertama kali ditemukan oleh seorang Inggris bernama Lord Henry Cavendish. Penemunya terjadi pada tahun 1766.Oleh Antoine Laurent Lavoiseir dinamai zat pembentuk air berasal dari gabungan perkataan "hydor" dan "gen".
Zat (gas) ini merupakan unsur terbanyak didapati di alam semesta. Namun hidrogen bebas hampir tak pernah didapati di bumi, tetapi pada matahari dan bintang-bintang menurut para ahli banyak sekali didapati.
Jumlah rata-rata kandungan hidrogen dalam komposisi udara adalah 0.00005 dan mempunyai titik embun - 217,1 C.
Apabila diperhatikan pada gerhana matahari penuh, sekeliling bulatan yang tertutup terlihat seperti mahkota, yang pada hakekatnya adalah plasma gas hidrogen yang berubah menjadi gas helium.


ESCALATOR
Alat yang menyerupai lift ini diciptakan pertama kali oleh seorang Amerika bernama Jesse W. Reno pada tahun 1891. Tidak lama sesudah itu, seorang yang lain menyatakan diri bahwa ia adalah sebagai penciptanya. Orang ini bernama Charles D. Seeberger.
Beda antara kedua penemuan tersebut adalah bahwa escalator ciptaan Reno tidak lain merupakan ban berjalan yang tidak ada ujungnya sedang ciptaan Seeberger dilengkapi dengan jenjang atau semacam injakan kaki tangga (undak-undakan).Namun kedua hak patent tersebut akhirnya dibeli oleh perusahaan Otis elevator Company, yang kemudian pada tahun 1900 memamerkan mesin escalatornya pada suatu pameran di Paris.

Pada tahun yang sama Otis memperoleh kepercayaan untuk memasang escalatornya unutk suatu setasiun kereta api di bawah tanah di kota New York serta bebrapa tempat lainnya.
Pemasangan pertama untuk negeri Inggris dilakukan pada tahun 1911 yakni untuk sebuah setasiun di bawah tanah di kota Earl's Court.


BAROMETER
Orang pertama yang menemukan sistim barometer adalah seorang pengabar Injil bangsa Italia bernama Torricelli. Penemuan terjadi pada tahun 1643.Pemakaian pertama barometer sebagai alat untuk mengukur ketinggian suatu tempat terjadi pada tahun 1648 oleh seorang bernama Blaise Pascal.Torricelli melakukan percobaan dengan menggunakan tabung kaca yang berisi air raksa di mana bagian ujungnya terbuka. Tabung kemudian dibalikkan dan ditempatkan dalam sebuah bejana yang juga berisi air raksa. Percobaan ini menunjukkan bahwa air raksa dalam tabung turun sampai pada ketinggian 76 cm.Air raksa tadi tidak keluar dari tabung karena tekanan udara yang menekan air raksa dalam bejana di luar tabung begitu kuat sehingga mampu menahan tinggi air raksa di dalam tabung.


LISTRIK
Berbicara dalam zaman kemajuan seperti sekarang ini tidaklah dapat kita melepaskan peranan listrik sebagai bagian hidup manusia.
Penemunya adalah Thomas Alva Edison, seorang Amerika yang lahir pada tanggal 15 Februari 1847.
Semasa mudanya, ia merupakan orang yang gemar dan tekun membaca. Bidang yang digemari adalah ilmu alam dan ilmu kimia.
Listrik adalah merupakan hasil penemuannyayang ketiga sesudah mesin telegrap dan mesin bicara. Ia meninggal dunia pada tahun 1931.
Peninggalan-peninggalannya berupa penemuan lain seperti mesin bioskop, mesin stensil, telepon, dinamo, kereta listrik adalah merupakan barang-barang yang dapat kita nikmati sekarang ini, yang sudah barang tentu dengan perbaikan-perbaikan dan penyempurnaan-penyempurnaan.


TELESCOPE
Meskipun lensa dan kacamata sudah dipakai orang dari sejak kira-kira abad ke 13, tetapi telescope baru ditemukan orang pada tahun 1608. Penghargaan untuk ini patut disampaikan kepada Hans Lippershey, seorang ahli kacamata berkebangsaan Belanda. Namun pada tahun 1609 seorang yang lain bernama Galileo Galilei mencoba membuat telescope tersebut.
Pada tahun 1668 seseorang bernama Sir Isaac Newton telah membuat telescope yang dianggap lebih sempurna.


BAN POMPA
Pemegang hak patent penemuan ban pompa untuk kendaraan adalah seorang Skotlandia bernama Robert William Thomson. Formulanya didaftarkan pada tahun 1845 akan tetapi tidak pernah dikembangkan. Ban-ban ciptaannya banyak dipasang pada kereta-kereta berkuda. Menurut kemudian di Amerika Serikat Charles Goodyear pada tahun 1855.
Di Inggris James Boyd Dunlop pada tahun 1888 berhasil membuat ban pompa yang dipasang pada roda-roda sepeda. Sehari-harinya ia adalah bekerja sebagai seorang dokter hewan.
Ban pompa untuk kendaraan bermotor baru dibuat pertama kali di Perancis pada tahun 1895 oleh Andre dan Eduard Michelin.
Ban untuk kapal terbang pertama kali dibuat oleh Dunlop pada tahun 1917, kemudian ia memperkenalkan ban tahan peluru pada tahun 1921. Ban tanpa ban dalam yang lazim disebut orang ban tubeless diciptakan pertama kali oleh Martin pada tahun 1904 dan baru diperkenalkan kepada umum pada tahun 1953.Katup/pentil untuk ban kendaraan bermotor pertama kali diciptakan oleh M.C. Schweinert bersama H.P. Kraft pada tahun 1914.




Penemu Benua Amerika Columbus Atau Zheng He (Cheng Ho) ?
Laksamana Zheng He, terlahir di Kunyang, kota yang berada di sebelah barat daya Propinsi Yunan, pada tahun 1371. Keluarganya yang bernama Ma, adalah bagian dari warga minoritas Semur. Mereka berasal dari kawasan Asia Tengah serta menganut agama Islam. Ayah dan kakek Zheng He diketahui pernah mengadakan perjalanan haji ke Tanah Suci Makkah. Sementara Zheng He sendiri tumbuh besar dengan banyak mengadakan perjalanan ke sejumlah wilayah. Ia adalah Muslim yang taat.
Sekitar 70 tahun sebelum Columbus menancapkan benderanya di daratan Amerika, Laksamana Zheng He sudah lebih dulu datang ke sana. Para peserta seminar yang diselenggarakan oleh Royal Geographical Society di London sekitar 2,5 tahun lalu dibuat terperangah. Adalah seorang ahli kapal selam dan sejarawan bernama Gavin Menzies dengan paparannya dan lantas mendapat perhatian besar.
Pernyataan Gavin Menzies
Tampil penuh percaya diri, Menzies menjelaskan teorinya tentang pelayaran terkenal dari pelaut mahsyur asal Cina, Laksamana Zheng He (kita mengenalnya dengan Ceng Ho). Bersama bukti-bukti yang ditemukan dari catatan sejarah, dia lantas berkesimpulan bahwa pelaut serta navigator ulung dari masa dinasti Ming itu adalah penemu awal benua Amerika, dan bukannya Columbus.
Bahkan menurutnya, Zheng He ‘mengalahkan’ Columbus dengan rentang waktu sekitar 70 tahun. Apa yang dikemukakan Menzies tentu membuat kehebohan lantaran masyarakat dunia selama ini mengetahui bahwa Columbus-lah si penemu benua Amerika pada sekitar abad ke-15. Pernyataan Menzies ini dikuatkan dengan sejumlah bukti sejarah. Adalah sebuah peta buatan masa sebelum Columbus memulai ekspedisinya lengkap dengan gambar benua Amerika serta sebuah peta astronomi milik Zheng He yang dosodorkannya sebagai barang bukti itu. Menzies menjadi sangat yakin setelah meneliti akurasi benda-benda bersejarah itu.
”Laksamana inilah yang semestinya dianugerahi gelar sebagai penemu pertama benua Amerika,” ujarnya. Menzies melakukan kajian selama lebih dari 14 tahun. Ini termasuk penelitian peta-peta kuno, bukti artefak dan juga pengembangan dari teknologi astronomi modern seperti melalui program software Starry Night.
Penemuan Peta Kuno
Pernyataan Menzies didukung juga dengan penemuan Peta kuno yang baru dipamerkan di Beijing, Senin (16/1/2006). Namun, sebagian kalangan meragukan keaslian peta yang kertasnya telah menguning tersebut karena menggambarkan wilayah Amerika Utara dan Selatan dengan detail yang tidak lazim. Salinan peta kuno tersebut dibeli pada tahun 2001 oleh seorang pengacara China yang juga kolektor benda seni, Liu Gang.
Dia mengaku tidak mengetahui arti penting peta tersebut sebelum membaca buku karya penulis Inggris, Gavin Menzies, yang menilai bahwa bukan Columbus yang pertama kali menemukan Amerika, melainkan seorang laksamana Tiongkok.
Buku berjudul “1421: the Year China Discovered America” karangan Menzies tersebut menyebut Zheng He memimpin armada berkekuatan 30.000 orang dan 300 kapal ke benua Amerika di abad ke-15. Zheng membawa misi dari Kekaisaran Ming untuk memperluas pengaruh China ke seluruh dunia. Tidak heran bila Zheng dan anak buahnya juga pernah singgah ke wilayah Indonesia, di antaranya Semarang, di abad ke-15.
“Peta ini mencantumkan informasi yang diyakini akan membantu kita memahami perjalanan ketujuh Zheng He,” kata Liu yang membeli peta tersebut seharga US$ 500 dari sumber yang tidak disebutkan. “Peta tersebut menunjukkan bahwa penjelajah China tersebut telah berada di Amerika jauh sebelum Columbus. Peta tersebut juga menunjukkan pemahaman bangsa China atas seantero jagad,” lanjut Liu.

Penemu Sepeda Motor

Perancang pertama sepeda motor adalah Ernest Michaux seorang Perancis pada tahun 1868. Tenaga Penggerak yang dipergunakan pada waktu itu direncanakan ialah mesin uap. Proyek ini tidak berhasil, kemudian pada tahun 1885 Edward Butler mencoba menyempurnakan dengan membuat kendaraan lain yakni yang mempergunakan tiga roda dan digerakan motor dari jenis mesin pembakaran dalam.



Penemu Dinamit

Bahan peledak ini yang merupakan paduan unsur-unsur kimia tertentu, formulanya ditemukan pertama kali oleh seorang Swedia bernama Alfred B. Nobel pada yahun 1867.
Ia merasa sudah mantap betul dengan formulanya pada tahun 1885 di mana ia lebih suka menyebutnya dengan balistik.
Dinamit tersebut diproduksi untuk berbagai keperluan, baik untuk tujuan yang bermanfaat.


Penemu Kapal Terbang

Orang pencipta kapal/kendaraan yang mampu terbang ialah Sir George Cayley - orang Inggris yang hidup antara tahun 1773 dan meninggal pada tahun 1857. Ia telah mengemukakan ide-idenya unutk membuat mesin dengan sistem pembakaran dalam (internal combustion machine), pesawat helikopter dan kapal terbang.Pada tahun 1842 William Samuel Henson, telah mencoba menciptakan sebuah pesawat terbang.


Penemu Radar

Alat ini diketemuan pada saat pecah perang Dunia II tahun 1934. Ketika itu ada suatu team yang diketuai oleh Robert Watson Watt yang diberi tugas untuk dengan alat berupa radio pemancar, mampu menemukan sasaran-sasaran tembak berupa pesawat terbang. Alat ini dilengkapi dengan tabung gambar yang disebut CRT (Cathode Ray Tube) - yang mampu memberi isyarat-isyarat/sinyal pada layarnya.


Penemu Plester

Tahun 1921, Earle Dickson menemukan plester pembalut luka. Dia terinspirasi Josephine Dickson, istrinya yang sering terluka jarinya saat memasak. Dickson yang bekerja untuk perusahaan Johnson & Johnson ini lalu memutuskan untuk menciptakan sesuatu yang bisa melekat dan melindungi luka kecil dengan lebih baik.


Penemu Contact Lens

Contact lense atau lensa kontak awalnya ditemukan dan dibuat oleh ahli fisiologi Jerman bernama Adolf Eugen Fick tahun 1887. Untuk mengujinya, Adolf mencobanya pada mata binatang, baru kemudian pada manusia. Bahan lensa kontak saat itu terbuat dari kaca coklat yang berat dan berdiameter 18-21 mm.Tahun 1889, August Muller menyempurnakan kontak lensa.


Penemu Kalkulator

Si mesin hitung alis kalkulator ternyata dulu ditemukan oleh remaja Perancis berusia sembilas belas tahun bernama Blaise Pascal pada tahun 1642. Blaise kerap membantu ayahnya yang bekerja sebagai pelayan toko dan sepanjang hari harus berkutat dengan berbagai perhitungan matematika.


Penemu Mikroskop

Mikroskop pertama kali dibuat oleh seorang Belanda bernama Zacharias Jansen, pada tahun 1590. Namu begitu Galileo mengklaim sebagai pencipta pertamanya yang telah membuat alat ini tahun 1610.
Jansen sehari-harinya adalah seorang yang kerjanya membuat kacamata.Namun begitu mikroskop yang dianggap sempurna pada waktu itu barulah yang diciptakan oleh seorang Belanda.


Penemu Compact Disc

Compact Disc ditemukan oleh Joop Sinjou dan Toshi Tada Doi di tahun 1979. Memerlukan waktu 15 tahun bagi CD untuk dapat menggantikan piringan hitam.


Penemu Mesin Jahit

Mesin jahit yang masih sederhana diciptakan oleh seorang bernama Thomas Saint pada tahun 1790.
Mesin yang diciptakan tersebut pada dasarnya belumlah memuaskan hasilnya, dalam arti praktis. Kemudian pada tahun 1830 muncul orang lain lagi yang menciptakan mesin jahit. Ia adalah seorang Perancis yang bernama Barthelemy Thimmonier. Sayang sekali mesin jahit inipun kurang sukses.

Penemu Mesin Jet

Mesin jet pertama kali diciptakan oleh Sir Frank Whittle, seorang opsir pada Royal Air Force (Angkatan Udara Kerajaan Inggris) - pada tahun 1937. Ia dilahirkan pada tahun 1907.
Namun begitu pada masa yang bersamaan mesin jenis jet telah pula diciptakan dan telah diuji coba di sebuah pabrik di Jerman (Heinkel). Perancangnya adalah seorang Jerman bernama Von Ohain.


Penemu Mesin Ginjal
Mesin yang dapat menggantikan fungsi ginjal ini ditemukan/diciptakan oleh seorang Belanda bernama Williem Kolff, pada tahun 1944 semasa zaman pendudukan Jerman.
Tugas ginjal adalah mencuci darah kotor menjadi darah bersih, sehingga apabila ia sudah tidak bisa berfungsi dengan baik, akibatnya akan menimbulkan pengaruh berupa keracunan oleh adanya darah kotor.


Penemu Mesin Percetakan

Dalam hal cetak-mencetak rupanya Cina merupakan pelopor di antara bangsa-bangsa lain. Jenis cetak yang sudah mereka kenal pada waktu itu ialah apa yang disebut cetak blok yaitu suatu cara mencetak dengan landasan papan/lembaran kayu. Kemudian ditemukan cara baru yang lebih maju, di mana gerak cetak dapat dilakukan berulang-ulang dan dalam tempo yang relatip lebih cepat.