19 January 2009

7 Keajaiban Dunia terbaru

TAJ MAHAL, INDIA

Di sebuah kota bernama Agra yang terletak di kawasan utara India Uttar Pradesh, berdiri sebuah gedung indah. Sekilas gedung ini mirip sebuah masjid. Tapi, sebenarnya ini adalah sebuah makam. Namanya, Taj Mahal. Selama berabad-abad, bangunan ini menjadi inspirasi banyak orang karena keindahannya. Boleh dibilang, Taj Mahal ini merupakan kreasi arsitektur paling indah di dunia. Banyak orang yang berbondong-bondong mendatang bangunan yang terletak di tepi Sungai Yamuna ini untuk mengaguminya. Mereka kagum dengan keindahan bentuknya. Mereka juga kagum dengan kisah mengharukan yang ada di balik berdirinya Taj Mahal.
Tahu nggak? Taj Mahal adalah tanda cinta seorang pangeran untuk istrinya tercinta. Duh, romantis banget nggak sih? Ceritanya, Taj Mahal itu dibangun untuk mengenang Arjumand Bano Begum, istri pangeran. Arjumand menikah dengan putra ketiga Raja Jahangir, Pangeran Khurram, ketika berusia 21 tahun. Spanjang perkawinan itu, sang istri setia mendampingi suaminya di istana mereka yang mewah di Agra dan di tenda saat perang.
Pada 1628 Khurram menjadi raja setelah terjadi pertumpahan darah. Namanya pun berubah menjadi Shahjahan yang berarti sang raja dunia. Untuk sang istri, Shahjahan memberikan predikat tertinggi. Istrinya menjadi Mumtaz Mahal. Sayangnya, Mumtaz Mahal tidak ditakdirkan lama menjadi ratu. Sekitar 1631 Shahjahan mengadakan ekspedisi ke wilayah selatan dan, seperti biasa. Mumtaz Mahal menemaninya. Namun, dia meninggal ketika melahirkan anak ke-14 Shahjahan. Ketika Mumtaz Mahal meninggal, umurnya baru 39 tahun. Untuk mengenang kepergian sang istri, Shahjahan memutuskan mendirikan makam indah yang terbuat dari marmer asli. Bangunan ini didirikan di pinggir sebuah sungai agar tidak tertutupi dengan bangunan lainnya. Bangunan yang akan terus dikenang dunia. Untuk membangun makam besar (atau lebih sering disebut musoleum) ini, butuh waktu selama 17 tahun dan mengerahkan 20 ribu pekerja. Mereka yang bekerja adalah para ahli seperti arsitek, pemahat, ahli kaligrafi, dan tukang batu dari seluruh India, Persia, dan Turki. Bangunan Taj Mahal yang tingginya mencapai 60 meter ini berlapis emas, perak, bahkan berlian. Setelah selesai, tempat ini juga menjadi peristirahatan terakhir sang raja. Inilah Taj Mahal yang indah dan 'mahal'.


COLOSSEUM, ITALIA.

Salah satu simbol kota Roma adalah Colosseum – sebuah arena terbesar yang dibangun pada masa kejayaan kekaisaran Romawi, sekitar tahun 72 Moleh kaisar Vespian dan puteranya Titus yang menyelesaikan bangunan ini pada 80 M. Colossium adalah tempat para budak diperhadapkan dengan binatang buas dan manusia lain yang dikenal dengan nama gladiator. Bila menang, mereka berhak mendapatkan status manusia yang merdeka.
Begitu banyak objek wisata yang bisa disaksikan di kota Roma. Selain Colosseum, tujuan utama para wisa-tawan adalah Fontana di Trevi (mata air Trevi). Fontana di Trevi merupakan kolam terbesar setinggi 25,9 meter dengan lebar 19,8 meter. Pembangunan Fontana di Trevi dipelopori oleh Paus Clement XII. Karya arsitek yang mengagumkan ini mulai dibangun pada 1732 oleh Nicola Salvi dan diselesaikan oleh Giuseppe Pannini pada 1762. Setiap turis biasanya melemparkan sekeping mata uang ke dalam kolam ini dengan harapan suatu saat nanti mereka akan kembali melihat kota Roma. Di tengah kolam ini terdapat patung dewa Neptunus yang mengendarai keretanya.


TEMBOK BESAR, CHINA.

Tembok Cina merupakan benteng pertahanan saat dinasti Yan, Zhao, dan Qin yang konon adalah satu satunya bangunan bumi yang dapat dilihat dari bulan, meski banyak ilmuwan yang tidak setuju.
Seperti halnya naga raksasa, Tembok Cina membentang sepanjang 6.700 km dari timur ke barat Cina. Tingginya meter. Lebar bagian atanya 8 meter. Sedangkan lebar bagian bawahnya 8 meter.
Setiap 180 – 270 meter dibuat semacam menara pengintai. Tinggi menara pengintai tersebut 11 – 12 meter. Lebih dari 2000 tahun, bangunan tersebut hingga kini masih berdiri kokoh. Tembok ini juga merupakan tembol terpanjang yang eprnah dibuat manusia.
Untuk membuat tembok raksasa ini. Diperlukan waktu ratusan tahun di zaman berbagai kaisar. Semula dierkirakan Qin Shi-Huang yang memulai pembangunan tembok itu, namun menurut penelitian dan catatan literature sejarah, tembok itu telah dibuat sebelum Dinasti Qin berdiri, tepatnya dibangun pertama kali pada zaman negar-negara berperang. Kaisar Qin Shi-Huang meneruskan pembangunan dan pengokohan tembok yang telah dibangun sebelumnya.
Sepeninggalan Qin Sui-Huang, pembuatan tembok ini sempat terhenti dan baru dilanjutkan kembali di zaman Dinasti Sui, terakhir dilanjutkan lagi di zaman Dinasti Ming.
Bentuk tembok yang sekarang terlihat adalah hasil pembangunan dari Dinasti Ming. Bagian dalam tembok berisi tanah yang bercampur dengan bata dan batu batuan. Bagian atasnya dibuat jalan utama untuk pasukan berkuda Tiongkok.


CHRIST REDEEMER, BRAZIL.
Patung ini berada di ouncak gunung Corcovado, Rio de Janeiro, Brasil ini merupakan patung Yesus Kristus dangan gaya arsitektur Art Deco. Patung Yesus ini menghadap kekota di bawahnya dengan tangan terlentang dan terbuka. Patung ini memiliki ketinggian 38 meter di puncak gunung Corcovado berketinggian 710 meter di Taman Nasional Hutan Tijuca.Gagasan pembangunan patung muncul pada pertengahan 1850 –an, Saat itu Imam Katolik Pedro Maria Boss meminta dana dari Putri Isabel untuk membangun sebuah monument keagamaan yang besar. Namun Putri Isabel tidak tertarik. Ide pembangunan patung itu terlupakan hingga1889 saat Brasil menjadi Negara Republik. Undang –undang mewajibkan pemisahan Negara dan agama.
Ide kedua di cetuskan pada 1921 oleh Keuskupan Agung Rio de Janeiro. Keuskupan Agung mengorganisir acar a Minggu Monumen untuk menarik para penyumbang, yang kebanyakan berasal dari kaum Katolik Brasil. Christ Redeemer didesain oleh Heitor da Silva Costa dan di pahat oleh Paul Landowski asal Prancis . Butuh 5 tahun membangun patung ini dari beton dan batu. Jalan kereta api pun di bangun untuk membawa potongan-potongan besar patung ke puncak gunung. Patung diresmikan pada 12 Oktober 1931.
Untuk melihat patung ini dari dekat harus menaiki 220 anak tangga. Namun pada 20 Januari 2003 telah dibangun lift dan sekalator . Jadi tidak perlu bersusah payah lagi.


PIRAMIDA CHICHEN ITZA, MEKSIKO

Chichen Itza berada di Semenanjung Yukatan, Meksiko. Selain mengaumkan tempat ini juga mengerikan. Hal yang paling mengerikan dari tempat ini adalah dua Cenotes (sumur alami) yang dijadikan tempat menaruh korban persembahan. Kabarnya, suku Indian Maya yang mendiamikota itu mempersembahkan jade, keramik dan bahkan manusia untuk dimaskkan dalam sumur itu. Disaat kekringan melanda, Suku Maya akan mengorbankan gadis-gadis muda untuk dimasukkan hidp-hidup kedalam sumur itu. Chicen Itza merupakan symbol pemujaan dan ilmu pengetahuan.Peran sumur itu sangat penting karena di semenanjung Yukatan tidak terdapat sungai. Satu-satunya sumber air ketika kekeringan melanda adalah dari sumur-sumur itu.
Nama Chichen Itza pun berarti ‘di bibir mata air rakyat’ dalam bahasa Indian setempat. Dengan demikian, Chichen Itza berkembang menjadi pusat pemerintahan dan ekonomi kebudayaan Maya.
Chichen Itza didirikan raja suku Toltec bernama Quetzalcoatl yang datang ke Semenanjung Yukatan bersama pasukannya. Saat itu suku Maya sudah berdiam didaerah tersebut, kemudian bersama –sama suku Toltec, mulai membangun berbagai kuil yang menyerupain pyramid.Dengan demikian, periode puncak dari Chichen Itza merupakan campuran kebudayaan Toltec dan Maya. Salah satu kuil terbesar yang didirikan adalah Kulkukan. Berdasarkan legenda Maya, Kulkukan merupakan Dewa Ular berambut jelmaan dari Quetzalcoatl.
Kuil Kulkukan berupa pyramid bertangga dengan teras-teras. Di setiap sisi pyramid segi empat itu terdapat anak tangga menuju puncak. Dipuncak terdapat jalan masuk menuju ruangan Mahkota batu Jaguar Raja Kulkukan yang dicat merah dan bintik bintik hijau lumut.Di Chichen Itza ini juga terdapat sebuah lapangan permainan yang mirip dengan permainan bola basket masa kini. Permainan ‘pok ta pok’ yakni melemparkan bola melewati sebuah lingkaran didinding 7 meter diatas tanah. Kapten dari tim yang pertama kali berhasil menembakkan bola akan di penggal kepalanya sebagai persembahan untuk dewa-dewa.Pada tahun 1221, pemberontakan pecah. Atap-atap kayu, pasar dan kuil-kuil ksatria dibumihanguskan. Kekuasaan atas Yukatan punberpindah ke Mayapan, sampai penakluk Spanyol datang.


KOTA PETRA, YORDANIA.

Petra adalah kota yang didirikan dengan memahat dinding-dinding di batu di Yordania. Petra adalah kata dari bahasa Yunani yang berarti ‘batu’. Petra merupakan symbol teknik dan perlindungan. Kata ini merujuk pada bangunan kotanya yang terbuat dari batu-batudi Wandi Araba, sebuah lembah bercadasdi Yordania. Kota ini didirikan dengan mengali dan mengukir cadas setinggi 40 meter.
Petra merupakan ibukota kerajaan Nabatean. Didirikan pada 9SM-40M oleh Raja Aretas IV sebagai kita yang sulit untuk ditembus musuh dan aman dari bencana alam seperti badai pasir.
Nabatean membangun petra dengan sisitem pengairan yang luar biasa rumit. Terdapat terowongan air dan bilik air yang menyalurkan air bersih ke kota, sehingga mencegah banjirmedadak. Mereka juga memiliki teknologi hidrolik untuk mengankat air.
Terdapat juga sebuah teater yang mampu menampung 4.000 orang. Hari ini, Istana Makan Hellenitis yang memilik tinggi 42 meter masih berdiri impresif disana.
Warga Petra awal adalah penyembah berhala. Dewa utama mereka adalah Dushara, yang disembah dalam bentuk batu berwarna hitam dan berbentuk tak beraturan. Dushara disembah berdanpingan dengan Allat, dewi arab kuno.
Pada awanya Petra dibangun untuk tujuan pertahanan. Namun belakangan kota ini dipadati oleh puluhan ribu warga sehingga berkembang menjadi kota perdagangna karena terletak di jalur distribusi barang antara Wropa dan Timur tengah.
Pada tahun 106 M, Romawi mencaplok Petra, sehingga paran jalur perdagangannya melemah. Sekitar 700 M, system hidrolik dan beberapa bangunan utamanya hancur menjadi puing. Petrapun perlahan menghilangdari peta bumi saat itu dan tinggal legenda.Barulah pada tahun 106 M, petualang Swiss Johann Burckhardt memasuki kota itu dengan menyamar sebagai seorang muslim. Legenda Petra pun meruak kembali di zaman modern, dikenang sebagai symbol teknik dan pertahann.


MACHI PICCHU, KOTA BERLAPIS EMAS.
Machu Picchu adalah kota berlapis emas yang dibangun diketinggian 2.350 meter di atas permukaan laut, menantang gunung-gunung. Machu Picch di Peru dibangun sekitar 1440 Masehi oleh pendiri kerajaan Inca Pachacustec Yupanqui. Machu Picchu merupakan symbol komunitas dan dedikasi.
Machu Picchu berarti ‘gunung tua’ dalam bahasa Indian setempat. Berdiri berabad-abad di tengah rimba Amazon, di hulu sungai Urubamba.
Machu Picchu menarik perhatian nasional ketika pertama kali ditemukankembali oleh arkeolog Amerika, Hiram Bingham pada tahun 1911. Muncullah berbagai teori mengenaipuing puing kota yang berdiri diatas perbukitan itu.
Beberap peneliti percaya Machu Picchu adalah makan Pachacutec, karena terdapat bangunan-angnan yang dilapisi emas. Beberapa peneliti lain berteori Machu Picchu adalah ‘Llacta’ atau kota untuk mengotrol ekonomi daerah-daerah taklukan dan melindungi para bangsawan Inca.Teori lainnya adalah Machu Picchu sebagai ‘vila’ para pembesar Inca, sekaligus sebagai tempat upacara pengamatan musim dan astrologi. Siluet gunung (Huayna Picchu atau ‘gunungmuda’) yang berada di latar belakang Machu Picchu menunjukkan hidung orang Inca yang melihat ke langit.Machu Picchu ini bertingkat-tingkat, semakin tinggi tingkatnya, semakin tinggi tingkat kekuasaan orang yang menenpatinya. Ditempat tertinggilah tempat pada pendeta Inca mengadakan upacara menghormati matahari setiap harinya.
Diwilayah itu terdapat sebuah batu seukuran piano yang disebut sebagai ‘intihuatana’ (tempat tambatan matahari). Batu ini sebagai jam matahariMachu Picchu memiliki lahan pertanian yang luas untuk ditanami jagung, koka dan mawar.
Bukti menunjukan Machu Picchu ditinggalkan Inca ketika spanyol memasuki daratan Amerika Selatan. Namun para ahli menduga wabah cacarlah yang menyebabkan Machu Picchu ditinggalkan. Lebih dari 50 persenpopulasinya terbunuh akibat wabah itu pada tahun 1527
Pemerintahan Inca pun jatuh, perang saudara berkecamuk. Ketika penakluk Spanyol Pizzaro tiba di Cuzco pada tahun 1532, Machu Picchu keburu menjadi kota hantu di atas awan.

No comments:

Post a Comment